Gereja Mennonite Amerika Serikat membagikan panduan sumber daya untuk menanggulangi coronavirus

tersedia dalam Bahasa Inggris

Disiapkan oleh staff Gereja Mennonite Amerika Serikat (MC USA)

(Gereja Mennonite Amerika Serikat) – Penyebaran virus corona telah menimbulkan keprihatinan di seluruh dunia. Gereja Mennonite Amerika Serikat (MC USA) menawarkan informasi berikut dari Pusat Pengendalian dan Pencegahaan Penyakit (CDC) untuk memperlengkapi konferensi dan jemaat dengan informasi yang akurat dan dapat dipercaya untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19 dan perawatan bagi mereka yang sakit. Tersedia juga Informasi tambahan dari Everence, MHS dan MennoMedia.

Apa itu virus corona?

Coronavirus adalah keluarga besar dari virus yang menyebabkan penyakit pernapasan. Virus ini umum pada manusia dan hewan tertentu, seperti kelelawar. Virus baru yang dinamai “SARS-CoV-2” menyebabkan “penyakit coronavirus 2019” (disingkat “COVID-19”).

Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikan wabah COVID-19 pada Januari 2020. Pusat penyebarannya adalah Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Penyakit ini telah menyebar ke wilayah lain di dunia, termasuk Amerika Serikat.

Bagaimana cara penyebarannya?

Karena SARS-CoV-2 adalah virus baru, Pejabat dinas kesehatan masih dalam proses mempelajari penyebaran virus ini. Menurut CDC, virus ini utamanya menyebar di antara orang-orang yang berhubungan dekat satu sama lain (dalam jarak sekitar enam kaki) melalui sentuhan atau ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Virus ini juga dapat menyebar melalui sentuhan pada permukaan dan benda yang terkontaminasi.

Apa gejalanya?

Gejalanya meliputi demam, batuk dan napas pendek. Gejala ini dapat muncul 2-14 hari setelah terpapar.

Siapa yang paling berisiko?

Meskipun ini adalah virus baru, infeksi COVID-19 tidak otomatis menyebabkan kematian. Namun, lansia dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya, paling berisiko. Banyak orang yang telah terjangkit penyakit ini telah pulih.

Apakah tersedia vaksin?

Tidak ada vaksin untuk mencegah infeksi COVID-19. Setelah vaksin yang baru dalam proses pengembangan, pengujian yang ketat harus dilakukan sebelum vaksin tersebut dipublikasikan. CDC memperkirakan akan membutuhkan waktu 12-18 bulan agar vaksin tersedia untuk umum.

Bagaimana saya bisa melindungi diri dari infeksi?

  • Hindari (Area yang beresiko) terpapar virus tersebut.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik.
  • Gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci.
  • Hindari kontak dekat dengan orang sakit, terutama mereka yang memiliki gejala.
  • Tetap di rumah saat Anda sakit.
  • Tutup batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah.
  • Bersihkan (Menggunakan disinfektan) dan desinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.
  • Memiliki rencana kesiapan darurat untuk keluarga.

Sumber daya untuk pemimpin gereja dan komunitas

CDC merekomendasikan kiat-kiat berikut untuk gereja dan ruang pertemuan komunitas:

  • Bersihkan segala sesuatu yang disentuh oleh pengunjung gereja, seperti gagang pintu, tutup bangku dan pagar dengan produk pembersih.
  • Hindari pelukan dan jabat tangan. Hanya melambai atau membungkuk.
  • Dorong orang untuk mencuci tangan. Tempelkan pengingat di seluruh gereja. Sumber daya yang dapat dibagikan gratis tentang cuci tangan disediakan oleh CDC.
  • Sediakan pembersih tangan di seluruh gereja.
  • Tempatkan kotak tisu di setiap bangku.
  • Batasi pertemuan besar yang tidak penting.
  • Adakan pertemuan melalui conference call atau video call (secara virtual)
  • Tinjau kembali rencana pelaksanaan keadaan darurat dan bentuk komunikasi darurat dari gereja Anda.
  • Anjurkan anggota jemaat untuk meninjau rencana darurat keluarga mereka.
  • Mencegah kepanikan dan ketakutan.
  • Jangan menyebarkan informasi palsu.
  • Imbaulah anggota jemaat untuk mencari informasi hanya dari sumber yang dapat dipercaya seperti CDC dan Organisasi Kesehatan Dunia.

Untuk daftar sumber daya dari CDC dan lembaga / organisasi lain, kunjungi halaman web MHS ‘COVID-19.

Panduan tambahan khusus untuk para pemimpin gereja dan komunitas tersedia dari CDC disini.

Everence juga memiliki lembar saranyang dapat diunduh, berjudul “Menanggulangi COVID-19, Merawat diri kita sendiri dan satu sama lain.” Ini juga tersedia dalam bahasa Español / Spanyol.

Untuk sumber daya gratis untuk membantu menenangkan ketakutan jemaat anda, unduh Dibalik Ketakutan kita: Mengikuti Jesus di saat kritis, penelitian dari MennoMedia. Unduhan gratis Jangan Takut: Kisah-kisah Kristen di saat sulit yang juga tersedia untuk anak-anak.

Gereja Mennonite Kanada juga memiliki daftar sumber daya yang tersedia, termasuk bagian yang bermanfaat tentang memperlengkapi jemaat.

Kiat pembersihan untuk tempat kerja dan rumah

Bersihkan permukaan yang terlihat kotor dengan deterjen atau sabun terlebih dahulu, kemudian gunakan disinfektan. Kenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan. Daftar lengkap desinfektan terdaftar tersedia dari Badan Perlindungan Lingkungan. (EPA)

Bimbingan untuk pemilik usaha

“Panduan Sementara CDC untuk Bisnis dan Pengusaha untuk Merencanakan dan Menanggapi Penyakit Coronavirus” tersedia di sini.

Saran perjalanan

Pembaruan dan rekomendasi perjalanan CDC dapat dilacak di sini.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke luar negeri, periksa saran perjalanan Departemen Luar Negeri A.S. untuk tujuan yang Anda tuju.

Doa

Konferensi Dunia Mennonite telah memanggil jemaat Anabaptis dan Mennonite di seluruh dunia untuk bersatu dalam doa. Kami mengundang Anda untuk berbicara dan membagikan doa berikut:

Kami berdoa untuk semua orang di A.S dan di seluruh dunia yang terkena dampak coronavirus. Kami berdoa untuk penghiburan bagi mereka yang kehilangan orang yang dicintai, dan bagi mereka yang telah dikarantina dan merasa sendirian. Kami berdoa memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit. Kami berdoa untuk keselamatan, kekuatan, dan kasih sayang bagi pekerja medis yang mungkin kewalahan merawat mereka yang berjuang melawan berbagai penyakit, dan pekerja yang terpapar pada risiko yang lebih besar. Kami berdoa semoga pejabat publik kami bertindak dengan belas kasih dan kebijaksanaan ketika mereka berupaya mengendalikan virus. Kami berdoa bagi mereka yang tidak memiliki akses ke perawatan kesehatan, dan bagi mereka yang tidak tahu bagaimana mereka akan berhasil jika mereka sakit dan tidak bisa pergi bekerja. Kami berdoa semoga kedamaian-Mu akan menjaga hati dan pikiran kami agar kami tidak diliputi oleh kecemasan dan ketakutan.

Tuhan, berikan kami cara untuk menunjukkan cinta-Mu kepada satu sama lain dan kepada diri kami sendiri. Bimbing hati dan tindakan kami untuk perhatian, kebaikan, dan kemurahan hati yang lebih besar di tengah-tengah ketakutan dan ketidakpastian ini.